10 Cara Pencegahan untuk Terhindar dari Virus Corona


10 Cara Pencegahan untuk Terhindar dari Virus Corona - Penyebaran virus corona di berbagai belahan dunia terus meluas.Hal ini menimbulkan kepanikan di masyarakat yang khawatir apabila dirinya dan keluarga bias terjangkit dan penyebaran virus corona terus meluas. Agar virus corona ini tidak semakin meluas, bagaimanakah cara pencegahan agar kita terhindar dari virus corona? Berikut adalah 10 cara pencegahan agar terjangkit virus corona yang dilansir oleh Pusat Pengendalian Penyakit AS (CDC), Kementerian Kesehatan dan WHO :


1. Sering Mencuci Tangan 

       Perbanyaklah intensitas mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir selama minimal 20 detik. Apabila sabun dan air tidak tersedia, kita dapat menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol. Sangat dianjurkan untuk menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci

2. Hindari Kontak Jarak Dekat 

       Hindarilah kontak jarak dekat dengan orang lain yang sedang sakit. Ambilah jarak fisik antara diri Anda dan orang lain minimum dengan jarak 2 meter apabila virus corona telah menyebar di lingkungan sekitar Anda. Ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko lebih tinggi untuk sakit parah seperti lansia dan orang yang memiliki riwayat gangguan kesehatan.

3. Jaga Jarak Sosial 

       Satu dari sekian pencegahan penyebaran virus Corona yang efektif adalah dengan menjaga jarak sosial (Social Distancing). Hal ini sebenarnya sudah sesuai dengan anjuran Pemerintah agar masyarakat jaga jarak fisik atau physical distancing. Dengan adanya penerapan physical distancing atau menjaga jarak fisik ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, Anda sudah melakukan langkah mencegah terinfeksi virus Corona.

4. Gunakan Masker Saat Sakit 

      Apabila anda sedang sakit, anda harus mengenakan masker ketika berada di ruang public ataupun saat berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, untuk meengurangi resiko tertular penyakit, tenaga medis yang menangani pasien dengan gejala corona juga diwajibkan untuk memakai alat perlindungan diri yang lengkap.

5. Tetap Tinggal di Rumah 

       Dengan tidak keluar rumah alias tetap berada di dalam rumah, akan meminimalisir resiko Anda untuk terjangkit virus corona. Hal ini pula yang terus digalakkan oleh pemerintah agar penyebaran virus corona tidak terus meluas. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyebut, anak muda berpotensi lebih besar sebagai Virus Carrier atau pembawa mikroorganisme SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19. Orang lanjut usia (lansia) sangat rentan untuk tertular dari virus corona tersebut. Untuk itu, sangat dianjurkan agar tetap berada di dalam rumah hingga wabah Covid-19 menghilang dari Indonesia.

6. Hindari Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut 

       Tangan menyentuh banyak permukaan benda yang dapat mengandung banyak virus dipermukaan benda tersebut. Setelah virus menempel di permukaan tangan, tangan dapat memindahkan virus ke mata, hidung, atau mulut Anda saat anda menyentuhnya. Dari sanalah, virus bisa masuk ke tubuh Anda dan bisa membuat Anda tertular penyakit.

7. Hindari Berkerumun 

       Hindarilah kerumunan karena dalam kerumunan, sangat memungkinkan terjadinya penularan apabila ada salah satu orang yang terinfeksi virus corona. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan Kepolisian Republik Indonesia dan pihak lainnya, telah membuat peraturan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas keramaian selama pandemi virus Corona. Tak hanya tempat umum, seperti tempat makan, gedung olah raga, tetapi tempat ibadah saat ini harus mengalami dampak tersebut. Tindakan tersebut adalah upaya untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk saat ini, dianjurkan lebih baik melakukan aktivitas di rumah agar pandemi virus corona cepat berlalu.

8. Tidak Berjabat Tangan 

       Dengan tidak melakukan jabat tangan, anda akan mengurangi terjadinya kontak fisik antara tangan anda dengan orang lain. Hal itu yang sedikit banyak mampu untuk mencegah penyebaran virus corona. Untuk saat ini menghindari kontak fisik secara langsung adalah cara terbaik untuk terhindar dari virus Corona.

9. Update Informasi Terkait Covid-19 

       Tetap update informasi perkembangan terbaru tentang Covid-19 dan ikutilah saran yang diberikan oleh penyedia layanan kesehatan, otoritas kesehatan publik nasional tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain dari Covid-19.

10. Segera Periksakan Diri ke Rumah Sakit Bila Mengalami Gejala Covid-19 

          Tetap di rumah apabila Anda sedang merasa kurang sehat. Apabila anda mengalami gejala demam, batuk dan kesulitan bernapas, segeralah hubungi instalasi kesehatan terdekat dan ikuti arahan otoritas kesehatan setempat. Dengan menelepon terlebih dahulu akan memungkinkan penyedia layanan kesehatan dengan cepat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Hal ini juga akan melindungi dan mencegah penyebaran virus Corona ke orang lain.

Comments